4 Sekawan Tinggal Satu RT, Kompak Mencuri Ponsel di Warung Kopi

4 Sekawan Tinggal Satu RT, Kompak Mencuri Ponsel di Warung Kopi
Empat tersangka komplotan pencuri ponsel saat berada di Mapolsek Sukomanunggal Kota Surabaya. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak empat orang yang tinggal satu kampung kompak melakukan pencurian ponsel milik pengunjung warung kopi di Jalan Simo Pomahan, Surabaya pada Sabtu (20/3). 

Mereka di antaranya bernama Rifai (29), Oki (19), Udin (23), dan Alfian (23). Semuanya tinggal di kawasan Putat Gede, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya. 

Kapolsek Sukomanunggal Kompol Esti Setija Utami mengatakan keempat pelaku memiliki peran masing-masing. Oki berperan sebagai eksekutor, Rifai sebagai joki. 

"Ketika barang berhasil dirampas, Oki segera kabur dibonceng Rifai. Selanjutnya Udin dan Alfian sebagai penadah," kata dia, Rabu (7/4). 

Dalam melakukan aksi, Oki terlebih dahulu masuk ke dalam warkop sembari memperhatikan sekitar. Setelah menentukan targetnya dia berpura-pura membeli minuman dan sebatang rokok. 

"Pelaku mendekat ke target dengan modus meminjam korek api. Saat itu ponsel korban dirampas dan langsung kabur menuju Rifai yang sudah siap dengan motornya," jelas dia.

Mantan Kapolsek Kenjeran itu menambahkan, usai merampas ponsel milik korban, Oki langsung menyerahkannya ke Udin dan Alfan. 

"Dua penadah itu sepakat menyembunyikan ponsel korban sampai ada yang bersedia membeli," tambah dia. 

Sebanyak empat orang yang tinggal satu kampung kompak melakukan pencurian ponsel milik pengunjung warung kopi di Surabaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News