4 Tahun Pemerintahan Jokowi – JK, Simak nih Ulasan Ekonom

4 Tahun Pemerintahan Jokowi – JK, Simak nih Ulasan Ekonom
Presiden Jokowi berpidato pada World Economic Forum (WEF) on ASEAN, di National Convention Center, Hanoi pada Rabu (12/9). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Usia pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah empat tahun. Pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan sejak Jokowi-JK menjabat. Upaya-upaya pengentasan kemiskinan dan pemberian insentif juga terus dilakukan. Beberapa ada yang berhasil, namun ada juga yang belum berdampak.

Salah satu yang berhasil adalah upaya pemerintahan Jokowi - JK dalam mengurangi kemiskinan. Pada tahun ini, angka kemiskinan turun ke level 9,82 persen menjadi 25,95 juta orang.

Angka tersebut adalah capaian terbaik dalam sejarah pengentasan kemiskinan di Indonesia. Selain itu rasio gini yang menjadi alat ukur ketimpangan juga menurun menjadi 0,38. Sebelumnya, pada 2013-2014 rasio gini pernah mencapai puncaknya di angka 0,41.

Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Prasetiantono mengatakan, penurunan angka kemiskinan dan ketimpangan ini sudah baik. Namun, masih bisa diakselerasi lagi asalkan pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh lebih pesat.

“Pertumbuhan ekonomi kita 5,1 persen, memang meleset dari target 7 persen karena situasi perekonomian global yang tidak memungkinkan,” katanya, Sabtu (20/10).

Menurutnya, membaiknya perekonomian Amerika Seikat (AS) telah membuat pertumbuhan ekonomi dunia terkoreksi. Bahkan Tiongkok yang menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Asia pun hanya tumbuh 6,5 persen.

Tony menilai, pemerataan ekonomi sudah membaik dengan koefisien gini yang menurun. Namun hal itu juga disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi 5,1 persen yang menyebabkan tersendatnya akselerasi pertumbuhan ekonomi pada masyarakat berpendapatan tinggi.

Artinya, aktivitas ekonomi orang-orang kaya tumbuh namun tidak pesat. Melihat perekonomian yang masih tumbuh di level 5,1 persen ini, Tony memprediksi rasio gini masih bisa membaik ke 0,37.

Pemerintaahan Presiden Jokowi – JK sudah empat tahun, ada sejumlah keberhasilan namun juga ada PR yang harus diselesaikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News