41 Jembatan di Sulteng Terancam Ambruk

41 Jembatan di Sulteng Terancam Ambruk
41 Jembatan di Sulteng Terancam Ambruk
PALU - Sorotan Kementerian PU tentang banyaknya jembatan kritis di Indonesia menyusul putusnya jembatan Tenggarong, di Kalimantan Timur ditanggapi Pelakasana Tugas (Plt) Kadis PU Sulawesi Tengah (Sulteng), Yanmart Nainggolan CES. Dari hasil survey, Sulteng disebut sebagai salah satu provinsi yang memiliki jembatan kritis sebanyak 41 unit.

Menanggapi temuan pusat itu, Yanmart yang ditemui, Senin (28/11) mengatakan, pihaknya tidak dapat membantah atau membenarkan begitu saja temuan itu. Karena kata dia data yang dibeberkan oleh pusat adalah data lama tahun 2010. “Karena yang disebut ini adalah jembatan-jembatan nasional. Yang dibangun menggunakan  anggaran pusat. Sehingga surveinya juga oleh pusat,” ujarnya.

Plt Kadis PU yang juga Kabid Bina Marga PU itu mengatakan, saat ini sudah ada sebagian jembatan-jembatan kritis di Sulteng yang sudah dan sedang dikerjakan pembangunan barunya. Seperti jembatan Kodina menuju ke arah Pendolo, jembatan Buol, dan jembatan negeri lama di Buol.

Jembatan-jembatan ini kata Yanmart kritis dalam kategori bobot  dan kapasitas. Artinya ada jembatan yang kritis karena ketidakmampuan menanggung daya beban lintas angkutan yang melintas di atasnya. Dan ada juga masuk kategori kritis karena kapasitas jembatan yang sempit.

PALU - Sorotan Kementerian PU tentang banyaknya jembatan kritis di Indonesia menyusul putusnya jembatan Tenggarong, di Kalimantan Timur ditanggapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News