5 Cara Mudah Kurangi Asupan Karbohidrat

5 Cara Mudah Kurangi Asupan Karbohidrat
Sarapan. Ilustrasi Foto: Allex Qomarullah/Jawa Pos

jpnn.com - Berbicara seputar kesehatan, ada banyak upaya yang harus diperhatikan. Misalnya, menerapkan gaya hidup sehat dengan mengurangi asupan karbohidrat. Mengapa asupan karbohidrat mesti dikurangi?

Perlu diketahui bahwa asupan karbohidrat berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan. Kondisi itu bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan, mulai dari kelebihan berat badan hingga meningkatkan risiko terkena diabetes. 

Dilansir dari Healthline, berikut ini 5 cara yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi asupan karbohidrat:

1. Pilihlah sumber lemak yang tepat

Anda bisa mengganti asupan karbohidrat yang hilang dari dari tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan mengandung lemak. Namun, pilihlah asupan lemak baik yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan kerja jantung seperti alpukat, salmon, sarden, biji bunga matahari, minyak zaitun, kacang almond, ikan-ikanan, hingga daging ayam tanpa lemak.

Hindari lemak jahat yang memiliki kadar lemak kenuh tinggi seperti gorengan, daging merah yang berlemak, kulit ayam, dan makanan cepat saji yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Hentikan mengonsumsi minuman manis

Jika Anda hobi mengonsumsi minuman manis, sebaiknya hindari dari sekarang. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, minuman manis merupakan faktor utama pemicu obesitas dan diabetes.

Mengurangi asupan karbohidrat ternyata memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Lakukan dengan cara yang diuraikan di atas.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News