5 Hal Sederhana ini Bikin Berat Badan Naik

5 Hal Sederhana ini Bikin Berat Badan Naik
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Saat Anda mulai tak nyaman dengan berat badan yang kian bertambah setiap bulannya, menurunkan berat badan pun dirasa perlu. Tentu saja memangkas berat badan harus Anda lakukan, agar terhindar dari obesitas yang bisa menimbulkan penyakit seperti jantung, diabetes, dan lain-lain.

Selain dengan diet dan olahraga, menurunkan berat badan juga bisa sukses dengan cara mengendalikan lingkungan sekitar Anda.

Anda mungkin jarang menyadari bahwa faktor lingkungan di sekitar Anda juga berperan besar dalam membuat berat badan melonjak, atau malah membuat diet Anda sukses. Jika Anda berhasil mengendalikan faktor-faktor pemicu naiknya berat badan, diet Anda tentu akan lebih sukses.

Berdasarkan penjelasan dari para ahli medis dari KlikDokter, melonjaknya berat badan dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

1. Kurang aktivitas fisik

Ketika Anda kurang melakukan aktivitas fisik, maka kalori yang dibakar menjadi lebih sedikit. Alhasil, timbunan lemak yang ada di dalam tubuh akan semakin menumpuk, sehingga terjadilah kelebihan berat badan.

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon grelin di dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Jadi, orang yang kurang tidur akan cenderung terus-terusan merasa lapar.

Anda mungkin jarang menyadari bahwa faktor lingkungan di sekitar juga berperan besar dalam membuat berat badan melonjak.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News