5 Makanan ini Bermanfaat untuk Mencegah Penuaan Dini

5 Makanan ini Bermanfaat untuk Mencegah Penuaan Dini
Ilustrasi proses penuaan pada wajah. Foto: Vitalidad y Belleza

jpnn.com - Memiliki kulit yang halus, cerah, dan bebas kerutan merupakan idaman banyak orang, baik wanita maupun pria. Faktanya, mencegah penuaan dini sering kali sulit dilakukan. Paparan sinar matahari, stres, dan polusi bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berkerut. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini, salah satunya lewat konsumsi makanan di bawah ini.

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya penuaan dini, antara lain seperti menghindari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dan pakaian berlengan panjang. Selain itu, tidur selama 6-8 jam di malam hari juga menjadi salah satu hal yang membantu menjaga elastisitas kulit.

Cegah penuaan dini dengan konsumsi makanan ini

Satu lagi hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan memiliki kebiasaan makan yang sehat. Berikut ini adalah lima jenis makanan yang memiliki khasiat membantu mencegah penuaan dini:

1. Air putih
Sekitar 60-75 persen komposisi tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, manfaat air putih bagi kesehatan kulit tak boleh disepelekan.

Air putih bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah timbulnya kerutan. Selain itu, air putih juga membantu sel dalam mengambil nutrisi dan menetralkan toksin di dalam tubuh.

Studi telah membuktikan bahwa seseorang yang sering mengalami dehidrasi lebih rentan mengalami penuaan dini. Jadi, pastikan Anda telah mengonsumsi cukup air putih setiap harinya.

Agar air putih bisa mendatangkan manfaat yang optimal bagi kesehatan kulit, seorang dewasa dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 1,5-2 liter per hari.

Ternyata, bahan-bahan makanan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini tersebut mudah didapat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News