5 Manfaat & Keuntungan Migrasi TV Analog ke TV Digital, Fokus Poin 3 ya

5 Manfaat & Keuntungan Migrasi TV Analog ke TV Digital, Fokus Poin 3 ya
TV Digital. Ilustrasi Foto: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) Usman Kansong mengungkapkan banyak manfaat dari pelaksanaan migrasi siaran TV analog ke TV digital.

Manfaat besar itu dirasakan banyak pihak seperti masyarakat, lembaga penyiaran, hingga negara.

Usman Kansong menjelaskan mengenai manfaat migrasi siaran TV analog ke TV digital untuk memastikan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memahami dengan jelas maksud pelaksanaan Analog Switch-Off (ASO) yang telah terjadi khususnya di wilayah Jabodetabek sejak 2 November 2022.

1. Gambar Lebih Bersih, Suara Lebih Jernih

"Dengan beralih ke TV Digital, masyarakat akan menikmati kualitas siaran TV yang lebih baik karena gambarnya lebih bersih, suaranya lebih jernih dan teknologi yang lebih canggih,” kata Usman dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (5/11).

2. Jumlah Kanal Makin Banyak

Masyarakat Indonesia juga bisa menyongsong potensi lebih banyaknya konten-konten siaran karena jumlah kanal yang semakin banyak sehingga tentunya akan tercipta konten-konten yang lebih berkualitas.

3. TV Digital Bukan TV Berlangganan

Masyarakat juga bisa menikmati layanan siaran TV digital ini secara gratis.

“Siaran TV Digital bersifat free-to-air dan bukan TV berlangganan, jadi masyarakat tidak perlu berlangganan ataupun menggunakan kuota paket data internet,” ujar Usman.

4. Keuntungan Lembaga Penyiaran

Usman mengatakan lembaga-lembaga penyiaran yang telah melakukan migrasi dari sistem analog ke digital memiliki keuntungan khususnya dalam hal mengadopsi teknologi teranyar dan mengikuti perkembangan siaran TV secara global.

Analog Switch-Off atau ASO, berikut ini manfaat dari pelaksanaan migrasi siaran TV analog ke TV digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News