5 Penyebab Demam pada Ibu Hamil

5 Penyebab Demam pada Ibu Hamil
Ibu hamil alias bumil. Foto: Alamy

jpnn.com - Demam merupakan keluhan yang umum dirasakan oleh ibu hamil. Karena itu, Anda perlu tahu apa saja penyebab demam di masa kehamilan untuk lebih berjaga-jaga.

Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh di atas rata-rata suhu harian. Orang dewasa dianggap demam apabila pengukuran suhu oral (diukur lewat mulut) di atas 38 oC, atau suhu rektal (diukur melalui anus) maupun telinga di atas 38,3 0C.

Salah satu penyebab paling umum dari demam adalah infeksi. Namun, tidak semua demam disebabkan oleh infeksi. Berikut ini adalah beberapa penyebab demam pada ibu hamil:

1. Infeksi virus.

Infeksi virus sering terjadi pada siapa saja. Terjadinya demam pada ibu hamil dapat disebabkan oleh infeksi virus yang rentan menyerang ibu hamil. Virus yang terkenal rentan menyerang ibu hamil yaitu virus  (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes). Infeksi virus ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan cacat bawaan pada janin.         

2. Infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih pada ibu hamil cukup sering ditemui. Hal ini disebabkan karena perubahan anatomi dari organ saluran kemih akibat perkembangan dari organ reproduksi. Gejala infeksi saluran kemih adalah adanya demam, nyeri saat buang air kecil, dan anyang-anyangan atau sensasi buang air kecil yang tidak lancar. Seorang dengan gejala ini perlu mendapatkan pemeriksaan lengkap untuk mengurangi risiko komplikasi menjadi infeksi yang lebih berat.

3. Dehidrasi.

Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh di atas rata-rata suhu harian. Orang dewasa dianggap demam apabila pengukuran suhu di atas 38 oC.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News