JPNN.com

6 Herbal Ini Dipercaya Bisa Mencegah Kanker

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 08:48 WIB 6 Herbal Ini Dipercaya Bisa Mencegah Kanker - JPNN.com

jpnn.com - Kayu bajakah mendadak ramai diperbincangkan setelah tiga orang anak SMAN 2 Palangkaraya menemukannya sebagai obat kanker. Penemuan itu kemudian dibawa ke tingkat internasional untuk dilombakan di ajang World Invention Olympic (WICO), dan menang. Tapi, sebenarnya ada tamanan herbal lainnya yang dipercaya dapat mencegah kanker.

Penemuan tentang khasiat kayu bajakah memang cukup menggemparkan publik dalam sepekan terakhir. Ini karena berhubungan dengan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, yakni kanker.

Kayu bajakah kemudian diuji juga di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) dan diketahui memiliki senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia atau disebut dengan fitonutrien adalah segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari tumbuhan, termasuk buah-buahan dan sayuran.

Sebagai percobaan, senyawa itu coba diaplikasikan pada tikus putih dengan benjolan yang menandakan adanya kanker. Setelah ditunggu beberapa pekan, ternyata benjolan pada tikus tersebut mengecil dan berkurang.

Tanaman herbal yang dipercaya bisa cegah kanker
Penemuan kayu bajakah cukup menjadi angin segar dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Meski memang harus dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

Namun, sebelum kayu bajakah ditemukan bagus untuk kanker, sebenarnya ada tanaman herbal lain yang sudah lebih dulu dipercaya bisa mencegah kanker. Biasanya, tanaman herbal ini memang mengandung antioksidan yang tinggi.

"Banyak tanaman atau herbal yang mengandung antioksidan. Nah, antioksidan inilah yang sejak lama memang bisa mencegah kanker," ujar dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter.

Berikut adalah deretan tanaman atau herbal yang dipercaya bisa mencegah kanker:

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...