6 Kebiasaan Sehari-hari ini Merusak Kualitas Tidur

6 Kebiasaan Sehari-hari ini Merusak Kualitas Tidur
Ganguan Tidur, Temukan Jawabannya. Foto Empow Her

jpnn.com - Para ahli kesehatan menyarankan orang dewasa untuk tidur 7-8 jam per hari. Namun sayang, tak banyak orang yang bisa memenuhinya. Salah satu penyebabnya bisa karena kebiasaan sehari-hari yang kemudian memengaruhi kualitas tidur. Jika Anda memiliki masalah tidur, mungkin sudah saatnya untuk menilik kebiasaan harian Anda selama ini. 

Dikutip dari Reader’s Digest, berikut beberapa kebiasaan yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda:

1. Makan tepat sebelum tidur

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, makan sebelum tidur membuat tubuh bekerja untuk membakar kalori yang masuk dari makanan. Pada akhirnya, proses ini akan menyebabkan Anda tidak bisa langsung tidur akibat perut yang begah.

Ditambah lagi, makan larut malam bisa meningkatkan berat badan.

“Sistem pembakaran tubuh menurun ketika Anda tidur atau dalam arti Anda sedang tidak beraktivitas. Sehingga, makanan yang dikonsumsi tidak akan dibakar dan disimpan sebagai lemak,” ujar dr. Alberta.

2. Bekerja hingga larut malam

Kalau bisa, selesaikan aktivitas atau pekerjaan Anda sedini mungkin. Jika Anda tetap terjaga sampai waktunya tidur, pikiran Anda masih akan berpacu meski tubuh sudah meminta istirahat. Menurut Neil Kline, seorang dokter gangguan tidur dan perwakilan dari American Sleep Association, ketika Anda terpaksa harus kerja larut malam, luangkan waktu untuk bersantai sejenak sebelum naik ke kasur dan benar-benar tidur.

Perhatikan hal-hal di atas jika Anda tak ingin waktu tidur terenggut. Apabila Anda merasa tidak memiliki kebiasaan tersebut dan tidur tetap tidak nyenyak, coba cari penyebab lainnya dan tangani sesegera mungkin.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News