60 Pulau Metaverse Ada di Expo Teknologi SMA Regina Pacis Solo

60 Pulau Metaverse Ada di Expo Teknologi SMA Regina Pacis Solo
Suasana pameran robotic dan printer 3D. Foto dok. SMA Regina Pacis Solo

jpnn.com, SOLO - Ketua Smart Learning and Character Center PGRI (PSLCC) Prof. Richardus Eko Indrajit mengungkapkan SMA Regina Pacis Solo menjadi sekolah pertama dan satu-satunya yang memadukan metaverse dengan pedagogi Project Base Learning.

Hal itu disampaikan Prof. Eko pada seminar parenting yang diadakan dalam Expo Teknologi Gelar Karya Project IL3 & P5 SMA Regina Pacis Solo, Jumat (12/5). 

Pakar teknologi informatika itu memberikan pembekalan kepada sekitar 700 orang tua siswa. Menurut dia orang tua harus dibekali literasi digital yang cukup dalam menghadapi kemajuan teknologi pada pendidikan anak-anak.

Gelar karya bertema Innovation for Better Future ini menampilkan 60 pulau metaverse karya 334 siswa-siswi kelas XI.

Pulau-pulau ini berisi aneka artefak 3-dimensi, yaitu bangunan, furniture, lanskap, dan kendaraan yang dibuat dalam tema gaya hidup yang berkelanjutan. 

Selain itu, dalam gelar karya kali ini, para siswa kelas X menampilkan hasil karya penerapan robotic (Leanbot) dan penggunaan printer 3D untuk tema yang sama.

Ketua Yayasan Winayabhakti Solo yang menaungi SMP dan SMA Regina Pacis Solo Sr.Veronica Sri Andayani, OSU mengatakan penerapan teknologi dalam Integrated Learning yang sudah dimulai sejak 2021 merupakan proses menarik. Ini diharapkan mampu makin mengasah kemampuan anak-anak di abad 21.

"Anak-anak diasah kemampuan berkolaborasi, berkomunikasi, berpikir kritis dan kreatif karena teknologi metaverse serta robotic membutuhkan logika algoritma yang sangat menantang,” kata Sr.Vero, sapaan akrabnya.

60 Pulau Metaverse ada di Expo Teknologi SMA Regina Pacis Solo, Para siswa bisa mengakses pulau-pulau karya mereka di metaverse dengan menggunakan VR Goggle 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News