663 Desa di Riau Rawan Pangan

663 Desa di Riau Rawan Pangan
663 Desa di Riau Rawan Pangan
PEKANBARU -- Data ini sangat mengejutkan. Di Provinsi Riau, dari 1.600 desa yang ada di sana, sebanyak 663 desa masuk ketegori rawan pangan. Selama ini, sudah ada program desa mandiri. Untuk program ini, Badan Ketahanan Panganan (BKP) di provinsi kaya minyak itu menganggarkan Rp100 juta per desa.

Hanya saja, setiap tahun dana ini hanya dianggarkan untuk 4-6 desa. Program ini sudah dijalankan sejak 2006 hingga tahun ini, dengan total dana yang sudah dikucurkan sebesar Rp1,8 miliar.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H Raja Mambang Mit menjelaskan, BKP Riau sudah berupaya maksimal agar program untuk 64 desa mandiri berjalan maksimal. Dengan pola penunjukan satu orang pendamping desa mengawasi dan mengarahkan penggunaan dana yang ada disalurkan kepada para petani.

"Seharusnya sekarang ini sudah masuk dalam tahap penumbuhan," ujar Mambang Mit pada Peringatan Hari Pangan se-Dunia ke 29, Jumat kemarin, di Gedung Wanita, Pekanbaru. Hadir juga pada kegiatan tersebut Kepala BKP Riau, Syahril Heryanto dan beberapa kepala dinas/badan dilingkukan Pemprov Riau.    

PEKANBARU -- Data ini sangat mengejutkan. Di Provinsi Riau, dari 1.600 desa yang ada di sana, sebanyak 663 desa masuk ketegori rawan pangan. Selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News