71 TKW Bekerja Tanpa Gaji

71 TKW Bekerja Tanpa Gaji
NASIB - Sebagian di antara sejumlah besar TKW Indonesia di negeri jiran, yang selama ini tercatat sudah kerap terkena beragam masalah, termasuk penyiksaan. Foto: Menjadikosong/Wordpress.
KUALA LUMPUR - Cerita suram TKW Indonesia belum juga berakhir. Petugas imigrasi Malaysia berhasil membebaskan 71 wanita asal tanah air yang mengaku dipekerjakan melebihi waktu yang ditentukan. Mereka juga tidak digaji selama dua tahun.

Petugas imigrasi negeri itu menggerebek sebuah rumah tempat para TKW tersebut tinggal. Penggerebekan dilakukan setelah tiga pekerja melarikan diri dan memberi tahu petugas. Kepala Imigrasi Negara Bagian Kedah, Nar Azaman Ibrahim menyatakan, wanita-wanita itu disekap di rumah tersebut dan disalurkan ke sejumlah rumah tangga yang berbeda sebagai pembantu rumah tangga.

Dalam kasus tersebut, seorang mantan guru yang diduga terlibat dalam kasus perdagangan manusia ditangkap. Pria berusia 49 tahun itu ditangkap 15 personel tim imigrasi yang menggerebek rumahnya, di Taman Perlis Kangar. Dari rumah itu pula, petugas menyelamatkan 68 orang. Dengan tiga wanita yang melarikan diri, total 71 wanita bebas.

"Korban yang berusia 17-50 tahun ditemukan di lantai dua rumah tersebut," jelas Azaman, seperti dikutip Associated Press. Menurut dia, rumah tersebut dilengkapi 14 CCTV yang dipasang di dalam dan di luar bangunan. Jadi, setiap pergerakan orang, baik di dalam dan luar rumah, bisa diketahui.

KUALA LUMPUR - Cerita suram TKW Indonesia belum juga berakhir. Petugas imigrasi Malaysia berhasil membebaskan 71 wanita asal tanah air yang mengaku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News