80 Jam Indonesia Tunjukkan Prototype Aplikasi IT Digital

80 Jam Indonesia Tunjukkan Prototype Aplikasi IT Digital
Demo Prototype Aplikasi hasil pelatihan IT Digital. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Kemenpora RI telah membuktikan kemampuan para pemuda Indonesia di bidang IT.

Ini dibuktikan lewat demo Prototype Aplikasi hasil pelatihan IT Digital yang telah dilaksanakan selama 80 jam oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda di Teater Pemuda, Wisma Kemenpora.

Demo ini menghasilkan 5 prototype program aplikasi berbasis web dan mobile. Program Pelatihan Pengembangan IT Digital yang diselenggarakan oleh Kemenpora bekerja sama dengan Dilo Jakarta dan Diginova Kreasi Indonesia.

Djunaedi, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda mengadakan program ini untuk menyaring talenta pemuda-pemuda usia pemula (16-17 tahun) yang berbakat dan memiliki minat dalam dunia IT Digital.

Dunia IT Digital yang dimaksud disini adalah penguasaan kemampuan pengembangan aplikasi IT baik berupa aplikasi berbasis web maupun mobile.

"Dalam program ini, para pemuda yang menjadi peserta telah diberikan pembekalan dalam membuat sebuah aplikasi web maupun mobile yang tentunya berguna untuk menunjang peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia yang menjadi target dari Kemenpora," ujar Djunaedi.

Pelaksanaan program pelatihan ini dilaksanakan selama 80 jam dimulai dari pembekalan teori mengenai desain thinking, manajemen proyek, dasar topologi dan keamanan jaringan komputer, kemampuan dasar pemrograman web, mobile, service dan perancangan database.

Selain itu, dalam pelatihan ini juga peserta diberikan praktek pengembangan aplikasi secara khusus sebagai dasar peserta untuk merancang dan mengembangkan aplikasi prototype yang telah ditentukan.

Demo oleh Kemenpora IT menghasilkan 5 prototype program aplikasi berbasis web dan mobile.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News