Abdul Kadir Karding Sempat Panik

Abdul Kadir Karding Sempat Panik
Abdul Kadir Karding. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Abdul Kadir Karding merupakan salah satu orang yang shock ketika gempa dan tsunami mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Sebab, orang tua dan saudara-saudaranya berada di Palu. Dia sendiri lahir di Donggala dan besar di Palu.

Saat musibah itu terjadi, dia berupaya menghubungi keluarganya. Sampai hari ketiga, tidak ada yang bisa dihubungi. Selanjutnya, dia mendapat kabar bahwa keluarganya selamat. ’’Kalau keluarga dekat, tidak ada yang jadi korban,’’ ucapnya.

Hanya sanak saudara jauh yang menjadi korban. Bersama para perantau dari Palu dan Donggala, anggota DPR itu mengumpulkan bantuan.

Ketua DPP PKB tersebut juga turun langsung ke wilayah bencana. Dia ikut mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau beberapa lokasi yang rusak. Di sela-sela peninjauan, dia bersama Jokowi mencari warung yang buka.

Ketemulah Rumah Makan Pangkep Sop Saudara. Mereka menikmati sup setelah salat berjamaah di rumah warga yang sangat sederhana. Kunjungan presiden ke Sop Saudara bertujuan mendorong warung dan toko lainnya agar ikut buka. (lum/c18/oni)


Abdul Kadir Karding berupaya menghubungi keluarganya, sampai hari ketiga pascagempa dan tsunami di Palu dan Donggala, tidak ada yang bisa dihubungi.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News