Ada Juga Tokoh Tanpa Pengaruh

Ada Juga Tokoh Tanpa Pengaruh
MASUK - Heidi Montag, salah seorang dalam daftar "100 Paling Tak Berpengaruh"-nya Stein di majalah Time. Foto: Showbizgossips.com.
LOS ANGELES - Sudah sejak beberapa tahun terakhir, majalah Time mengeluarkan edisi khusus berisi daftar "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia" (The Most Influential People in The World). Namun yang menarik, majalah tersebut (kali ini) juga mengeluarkan daftar tokoh "paling tidak berpengaruh" di dunia.

Kamis (29/4), wartawan yang juga kolumnis Time, Joel Stein, merinci proses pemilihan tokoh-tokoh tersebut hingga terdaftar dalam empat kategori. Di dalam tulisannya, Stein menyatakan, kalau mau sekadar membuat daftar orang paling berpengaruh, caranya sangat mudah. "Tinggal sebut saja, Presiden (Obama), Oprah, presiden di beberapa negara, atau orang-orang yang pernah tampil di Oprah (Oprah Winfrey Show)," katanya.

Atau bisa juga melalui cara kerja jurnalistik standar. "Yakni menelepon sejumlah orang yang berkuasa, lalu menanyakan, "Seberapa berpengaruhnya si A atau si B di mata Anda?"," tambahnya.

Namun sebaliknya, lanjut Stein pula, membuat daftar nama orang-orang paling tidak berpengaruh secara asal-asalan, jelas adalah tindakan bodoh. Pekerjaan tersebut sangat beresiko terhadap kredibilitas jurnalisme. Bahkan, seorang wartawan pemberani dan jujur sekalipun tidak akan main-main untuk membuat daftar seperti itu.

LOS ANGELES - Sudah sejak beberapa tahun terakhir, majalah Time mengeluarkan edisi khusus berisi daftar "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia"

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News