Ada Koneksi Jaringan Dulmatin di Palu

Hasil Pemeriksaan Densus terhadap Dua Tersangka Penembak Polisi

Ada Koneksi Jaringan Dulmatin di Palu
Ada Koneksi Jaringan Dulmatin di Palu
JAKARTA - Penangkapan dua penembak polisi di Palu, H dan F, membuka fakta baru. Dari pernyataan keduanya, penyidik Subden Investigasi Densus 88 Mabes Polri memperoleh keterangan bahwa mereka adalah sisa-sisa anggota jaringan Dulmatin.

"Kita dapatkan fakta dan data bahwa mereka adalah bagian dari kelompok yang dulu pernah dibina Dulmatin," ujar perwira penyidik Densus 88 kepada Jawa Pos melalui telepon, kemarin (28/5). Dulmatin sendiri tewas dalam penggerebekan di warnet Multiplus di Pamulang, Tangerang Selatan, 9 Maret 2010 lalu.

Selain menjadi salah satu inisiator bom Bali 1, Dulmatin yang lama bersembunyi di Jolo, Filipina Selatan, juga terlibat dalam program i'dad asykari (latihan semimiliter) di Jantho Aceh, awal 2010 lalu. Kegiatan itu lantas digerebek Densus dan dikategorikan tindakan terorisme. Sudah 63 tersangka yang disidangkan. Salah satunya Abu Bakar Ba’asyir yang dituntut hukuman seumur hidup.

Dalam surat tuntutan yang dibacakan jaksa dalam sidang di PN Jakarta Selatan, pendiri Ponpes Ngruki itu dituding pernah bertemu Dulmatin untuk merencanakan kegiatan di Aceh. Saksinya adalah Ubaid alias Luthfi Haedaroh yang mengaku mempertemukan keduanya di ruko sekitar Ponpes Ngruki. Namun, Ba’asyir membantah mengenal Dulmatin, apalagi pernah bertemu.

JAKARTA - Penangkapan dua penembak polisi di Palu, H dan F, membuka fakta baru. Dari pernyataan keduanya, penyidik Subden Investigasi Densus 88 Mabes

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News