Agus Martowardojo, Calon Kuat Menkeu

Agus Martowardojo, Calon Kuat Menkeu
Agus Martowardojo, Calon Kuat Menkeu
JAKARTA - Presiden SBY dipastikan akan mengumumkan Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru pukul 19.30 WIB di kediamannya di Cikeas. Nama calon kuat kandidat pengganti Sri Mulyani Indrawati ini pun semakin mengerucut. Agus Martowardojo, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bank Mandiri, disebut sebagai kandidat kuat yang akan diumumkan oleh Presiden SBY malam ini.

Kepada wartawan, salah seorang sumber di Kemkeu mengatakan bahwa saat ini Agus Martowardojo sudah tiba di Puri Cikeas, untuk nantinya pada pukul 20.00 WIB akan melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden SBY, terkait tugas barunya sebagai Menkeu. "Skemanya, Agus Martowardojo jadi Menkeu, Anny Ratnawati (Dirjen Anggaran) menjadi Wakil Menteri Keuangan. Yang bertemu SBY malam ini hanya Menkeu baru," ujar sumber tadi kepada wartawan, Kamis (19/5).

Agus yang saat ini menjabat Dirut Bank Mandiri, dinilai punya kelebihan karena menguasai micro-management yang dibutuhkan di Kemkeu. Agus pernah diusulkan Presiden SBY sebagai calon Gubernur Bank Indonesia (BI), namun gagal karena ditolak oleh DPR. Sebelumnya, sempat muncul beberapa nama di bursa calon Menkeu, antara lain Ketua Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemkeu Anggito Abimanyu, serta Kepala PPN/Bappenas Armida Alisjahbana. "Armida tetap. Kabarnya Anggito juga tetap di BKF," ujar sumber tadi menambahkan.

Presiden dijadwalkan mengumumkan Menkeu pengganti Sri Mulyani pada Rabu malam pukul 19.30 atau 20.00 WIB, di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor. Selanjutnya, pada pukul 20.00, SBY akan langsung melakukan pertemuan dengan calon terpilih. Sementara itu, Menkeu Sri Mulyani sepertinya tidak akan mendampingi SBY saat mengumumkan nama penggantinya. Sesuai jadwal, Sri akan menghadiri pertemuan sekaligus acara perpisahan dengan para bankir di Graha Niaga, Jakarta. (afz/jpnn)

JAKARTA - Presiden SBY dipastikan akan mengumumkan Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru pukul 19.30 WIB di kediamannya di Cikeas. Nama calon kuat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News