Ahaa... Terungkap Juga!!! Pesta Ultah di Hotel Mewah, Jero Wacik Ternyata Dibayarin Bos Tambang

Ahaa... Terungkap Juga!!! Pesta Ultah di Hotel Mewah, Jero Wacik Ternyata Dibayarin Bos Tambang
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (5/11). Jero diduga melakukan menyelewengkan Dana Operational Menteri (DOM) untuk memperkaya diri sendiri dan keluarga. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Menteri ESDM Jero Wacik tak hanya menggunakan uang negara untuk keperluan pribadinya. Politikus Partai Demokrat itu juga pernah "ditraktir" bos-bos perusahaan tambang saat merayakan ulang tahun ke-63 tahun 2012 silam.

Hal itu terungkap dari kesaksian pegawai PT Trinergi Mandiri Internasional, Ali Rahman dalam persidangan untuk di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (9/11) malam. Dia mengaku pernah diperintah atasannya, Herman Afif melakukan pembayaran senilai Rp349.065.174 ke pihak Hotel Dharmawangsa

"Saya diminta bayarin tunai ke Dharmawangsa. Cuma saya telepon Dharmawangsa ngga bisa tunai jadi saya konfirm ke Pak Herman. Terus saya transfer ke BNI," kata Ali saat bersaksi

Ali mengaku tidak tahu dengan pasti untuk apa pembayaran itu dilakukan. Menurutnya, Herman hanya menjelaskan bahwa pengiriman uang tersebut untuk acara Kementerian ESDM.

Dalam dakwaan Jaksa KPK disebutkan bahwa Mantan Wakil Ketua Umum Bidang Energi dan Pertambangan di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Herman Afif Kusumo disebut turut membiayai perayaan ulang tahun Jero Wacik yang berlangsung tanggal 24 April 2012. Dalam dakwaan tersebut juga disebutkan bahwa pembayaran dilakukan dengan uang senilai Rp 349.065.174.

Herman Afif yang juga dihadirkan sebagai saksi di persidangan ini akui adanya pemberian uang dari pihaknya terkait acara ulang tahun Jero Wacik. Namun dia menyangkal bahwa uang itu berasal dari perusahaanya.

"Saat disidik di KPK, saya tanya li ingat bantuan acara ultah pak JW? seingat saya, kita disumbang Andre Mamuaya," kata Herman Afif.

Andre Mamuaya ketika itu adalah direksi di PT Adaro Energy. Menurut Herman, pria yang sudah meninggal pada tahun 2012 lalu itu juga koleganya di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

JAKARTA - Mantan Menteri ESDM Jero Wacik tak hanya menggunakan uang negara untuk keperluan pribadinya. Politikus Partai Demokrat itu juga pernah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News