Ahli Kubu Ferdy Sambo Bilang Motif Pembunuhan Brigadir J Penting Diungkap

Ahli Kubu Ferdy Sambo Bilang Motif Pembunuhan Brigadir J Penting Diungkap
Mantan Kepala Divpropam Polri Ferdy Sambo menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum pidana dari Universitas Andalas Elwi Danil menyoroti pentingnya pengungkapan motif dalam suatu tindak kejahatan guna menentukan berat atau ringannya hukuman pelaku.

Hal itu disampaikan Elwi saat dihadirkan sebagai saksi ahli meringankan untuk Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, pada sidang lanjutan perkara pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (27/12).

Menurut Elwi, motif menjadi latar belakang mengapa orang melakukan tindak pidana.

Elwi mengakui ada yang mengatakan motif tak perlu diungkapkan dan tidak relevan untuk diungkap.

Namun, lanjut dia, tidak sedikit pula yang menganggap motif itu sesuatu yang perlu lantaran berkaitan dengan pembuktian dan pemidanaan.

"Menurut saya, motif itu sesuatu hal yang perlu diungkap, karena motif itu akan melahirkan kehendak yang akan melahirkan kesengajaan," kata Elwi di ruang sidang.

Elwi mengatakan bila ada peristiwa, pasti ada yang melatarbelakangi kenapa orang melakukan suatu perbuatan dengan sengaja.

Oleh karena itu, kata dia, pentingnya untuk mengungkap motif dalam sebuah tindak pidana.

Ahli hukum pidana dari Universitas Andalas Elwi Danil menilai sangat penting motif diungkap dalam suatu tindak kejahatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News