Ahok Targetkan Groundbreaking LRT Akhir 2015

Ahok Targetkan Groundbreaking LRT Akhir 2015
gil jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menargetkan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek Light Rail Transit (LRT) akhir 2015 mendatang.

"Target akhir tahun ini harus groundbreaking, jadi target tahun ini dia bisa selesaikan satu kilometer," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (12/6).

Ahok menyatakan, hal itu tidak akan dipermasalahkan oleh DPRD DKI. Pasalnya, anggaran sebesar Rp 500 miliar yang digunakan untuk membangun LRT memakai APBD Perubahan 2015. Dasar hukum APBD-P adalah peraturan gubernur (pergub)

"DPRD enggak masalah. Lagipula tidak ada APBD Perubahan pakai perda (peraturan daerah), pakai pergub," ucap mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ahok menjelaskan, pembangunan LRT tidak akan menganggu ruang terbuka hijau (RTH). "Pakai trase jalan saja, enggak ganggu RTH," ujar suami Veronica Tan itu.

Ahok mengatakan, Pemprov DKI telah membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) LRT untuk mempersiapkan lelang tender pembangunan jalan layang. Perusahaan swasta yang memenangkan lelang tender berhak membangun jalan layang dengan anggaran yang diberikan Pemprov.

Selain itu, perusahaan yang menang berhak mengoperasionalkan LRT. Untuk pemeliharaan dan pengembangan rel, Ahok mengatakan, perusahaan itu harus memberi anggaran kepada BLUD LRT.

"BLUD itu peraturannya boleh terima uang dari swasta ditambah kewajiban pengembang bisa dimasukin ke sana. Tahun depan kami teruskan pembangunan koridor inti, koridor 1 dan 7. Lima koridor lainnya hanya sambungan," tandas Ahok. (gil/jpnn)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menargetkan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek Light Rail Transit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News