Ajak Pelaku Usaha Optimistis Hadapi Resesi, Sandiaga Uno Beri Kiat Begini

Ajak Pelaku Usaha Optimistis Hadapi Resesi, Sandiaga Uno Beri Kiat Begini
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto dok humas Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memberikan kiat kepada pelaku usaha di seluruh Indonesia, agar optimistis menghadapi tantangan resesi perekonomian.

Kiat tersebut disampaikan Sandiaga dalam Webinar Business Mentoring Class Tanya Expert bertema 'Jurus Jitu Bisnis Bisa Cuan Di 2023'.

"Tentunya ini perlu kita sikapi dengan global resesi Indonesia yang masih bertumbuh. Oleh karena itu tema ini menjadi sangat spesial," kata Sandiaga, Senin (5/12).

Sandiaga mengatakan pada 2023 UMKM dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru bagi Bangsa Indonesia.

Menurutnya, pelaku usaha perlu memiliki konsep '3Si' dalam mengembangkan daya beli masyarakat.

"Tahun 2023 justru menaikkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bukan hanya mengenai cuan, tetapi bisa menghadirkan peluang usaha serta lapangan kerja bagi Bangsa Indonesia. Saya menyarankan '3Si' inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," sambungnya.

Sementara itu, salah satu peserta webinar menanyakan establish dalam menghadapi resesi ekonomi pada 2023, di tengah tantangan ekonomi.

Mendengar pertanyaan itu, Sandiaga mengatakan pelaku usaha bisa menghadirkan sektor unggulan.

Sandiaga Uno memberikan kiat kepada pelaku usaha di seluruh Indonesia, agar optimistis menghadapi tantangan resesi perekonomian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News