Akhir April SPM Busway Oke

Akhir April SPM Busway Oke
Akhir April SPM Busway Oke
JAKARTA- Sejak dioperasikan pada 2004, busway diharapkan dapat memberikan layanan yang optimal. Sehingga moda angkutan massal tersebut mampu mengubah perilaku masyarakat penggguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum. Namun, kenyataannya belum sesuai harapan. Berbagai permasalahan kerap hinggap. Mulai dari keamanan, kenyamanan, hingga manajemen pengoperasian yang dinilai belum optimal. Berbagai masalah itu diduga lantaran belum adanya standar pelayanan minimum (SPM) busway. Konsep tersebut bukan yang baru. Tapi, telah direncanakan sejak jauh hari oleh Dinas Perhubungan DKI dan Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta.

Gubernur DKI Fauzi Bowo, berjanji merealisasikan pada akhir April nanti. Fauzi berharap akan ada peningkatan kualitas pelayanan untuk masyarakat pengguna bus Transjakarta tersebut. SPM sendiri nantinya akan mencakup berbagai unsur yang merujuk pada kepastian dan ketepatan waktu untuk pengguna busway. Seperti waktu tempuh, selisih waktu kedatangan antarbus di sebuah shelter, dan kecepatan rata-rata bus Transjakarta.

Usaha meningkatkan kualitas pelayanan transportasi, kata Fauzi, juga dilakukan dengan mengubah status kelembagaan hukum bus Transjakarta menjadi Badan Layanan Umum (BLU) penuh. Setelah menjadi BLU penuh, sambung Fauzi, pengoperasian bus Transjakarta tak akan seperti Unit Pelayanan Teknis.

’’Tapi nantinya (pengelola bus Transjakarta) punya fleksibilitas pengelolaan manajemen dan keuangan, serta bisa mengambil orang profesional untuk mengawaki BLU,” kata Fauzi, di Balaikota, kemarin. Terkait usaha peningkatan pelayanan, semua kontrak yang berlangsung dengan para operator busway, kata Fauzi, juga akan ditinjau ulang. ’’Agar bisa lebih fokus melayani masyarakat,’’ ujarnya. (pes/aj/jpnn)

JAKARTA- Sejak dioperasikan pada 2004, busway diharapkan dapat memberikan layanan yang optimal. Sehingga moda angkutan massal tersebut mampu mengubah


Redaktur & Reporter : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News