Akhir April Ujian Nasional SMP, Semua Sudah Siap UNBK

Akhir April Ujian Nasional SMP, Semua Sudah Siap UNBK
Siswa SMP. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Siswa kelas IX SMP sudah harus mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional nasional berbasis komputer (UNBK), yang akan digelar akhir April 2018.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Kaltim, pun mulai sibuk berbenah diri menyambut UN.

Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin menjelaskan, pihaknya sudah melakukan persiapan UN, seperti menetapkan panitia lokal (panlok).

Selain itu, setiap sekolah bertugas melaksanakan uji coba atau simulasi UNBK selama tiga kali. Latihan soal untuk peserta UN dilakukan secara bertahap.

"Simulasi pertama sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Rencananya, pelaksanaan simulasi kedua pertengahan Februari dan terakhir awal Maret nanti," ujarnya kepada Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Sementara itu, pelaksanaan ujian SMP rencananya berlangsung pada akhir April. Tahun ini, pelaksanaan UN SMP juga akan terasa berbeda dari sebelumnya.

Kabar baik karena Kota Minyak sudah siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 100 persen. "Semua sekolah sudah ready untuk UNBK," ucapnya.

Total keseluruhan, yaitu 75 SMP di Balikpapan, baik negeri dan swasta akan menjalankan sistem UNBK. Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu, hanya ada 55 sekolah yang mampu melaksanakan UNBK. Sedangkan sisanya, yakni 20 sekolah masih menjalankan ujian berbasis kertas.

"Kendala dulu soal sarana–prasarana komputer dan jaringan. Tahun lalu, ada salah satu SMP tidak memiliki jaringan internet karena lokasi jauh. Mereka harus nebeng ujian di sekolah lain," ujarnya.

Berbeda dengan tahun lalu, saat ini seluruh SMP yang ada di Balikpapan siap menggelar ujian sekolah berbasis computer (UNBK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News