Akhirnya, Ini Penjelasan Anies soal Impor Tong Sampah Jerman

Akhirnya, Ini Penjelasan Anies soal Impor Tong Sampah Jerman
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menjelaskan asal muasal pengadaan tong sampah buatan Jerman seharga Rp 3,59 juta. Dia tidak jadi menunggu sampai terjadi kegaduhan akibat isu tersebut.

Menurut Anies, tong sampah itu didesain khusus untuk truk sampah yang juga berasal dari Jerman.

"Asal mulanya adalah karena Pemprov DKI menganggarkan pada 2015 untuk 2016 pembelian truk sampah istilahnya truk compactor. Kemudian pada 2016, dianggarkan untuk pembelian tempat sampahnya yang compatible dengan truk compactor itu," kata Anies, Selasa (5/6).

Menurut Anies, tong sampah itu diadakan pada 2017. Pemilihan barangnya pun mengikuti aturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"Jadi barang itu bukan dapat melalui tender, tetapi didapat melalui pembelian lewat e-Katalog," jelas Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini juga mengungkapkan, Jakarta bukanlah satu-satunya kota yang memakai tong sampah tersebut. Ada juga daerah seperti Surabaya, Probolinggo, Bandung, Medan, Palembang dan Malang.

"Jadi itu semua adalah barang yang ada di e-Katalog yang disiapkan oleh LKPP dan pada 2017, Pemprov DKI membeli barang-barang itu," pungkas Anies.

Sehari sebelumnya, Senin (4/6), Anies menolak bicara kepada wartawan soal pengadaan tong sampah tersebut. Dengan cueknya dia mengatakan akan memberi penjelasan setelah timbul polemik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya menjelaskan asal muasal pengadaan tong sampah buatan Jerman seharga Rp 3,59 juta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News