Akhirnya KPK Datangi KPU

Akhirnya KPK Datangi KPU
Akhirnya KPK Datangi KPU
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mau kecolongan untuk menyelidiki indikasi penyelewengan dalam proyek pengadaan Intelligent Character Recognition (ICR) di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Karena itu, meski belum mendapatkan surat balasan, KPK tetap akan mendatangi otoritas penyelenggara pemilu tersebut.

''Ada atau tidak ada surat dari KPU, kami tetap akan mendatangi," jelas Wakil Ketua KPK Haryono Umar kemarin. Menurut dia, tim khusus KPK mulai mengkaji proses pengadaan teknologi informasi setelah mendapatkan data dari KPU. Ini sesuai janji KPK yang mulai bekerja minggu ini. Terkait proses penyelidikan itu, KPK juga menyatakan kesiapannya. "Prinsipnya, kami sudah siap," tegasnya.

Sebelumnya, lembaga yang dipimpin Antasari Azhar tersebut mengirimkan surat kepada KPU untuk meminta sejumlah data tentang kuasa pengguna anggaran (KPA) serta pejabat pembuat komitmen (PPK) dan personel pengadaan. Sayang, hingga kini surat tersebut belum terbalas. ''Semoga mereka masih menyiapkan apa yang kami minta," terang Haryono.

Untuk menyelidiki indikasi penyelewengan tersebut, KPK bakal mengerahkan banyak petugas. "Orang yang kami turunkan banyak," ungkapnya. Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos, kemarin petugas KPK sudah mendatangi KPU. Petugas berjumlah enam orang itu membawa sejumlah dokumen dari kantor penyelenggara pemilu tersebut.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mau kecolongan untuk menyelidiki indikasi penyelewengan dalam proyek pengadaan Intelligent Character

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News