Akhirnya, Pabrik Semen Beli Bahan Bakar Alternatif Olahan Sampah TPST Bantargebang

Akhirnya, Pabrik Semen Beli Bahan Bakar Alternatif Olahan Sampah TPST Bantargebang
Pelepasan pengangkutan pertama truk bermuatan bahan bakar alternatif dari pengolahan sampah TPST Bantargebang, Selasa (27/6). Foto: dokumentasi Pemprov DKI

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas pengangkutan pertama truk bermuatan bahan bakar alternatif dari pengolahan sampah TPST Bantargebang.

Puluhan truk tersebut nantinya akan menuju pabrik semen, yaitu PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (Indocement) dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI).

Ini merupakan tindaklanjut dari perjanjian antara Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPST DLH DKI Jakarta dengan PT. Indocement dan SBI.

Penjanjian itu mengatur penjualan Refuse Derived Fuel (RDF) atau bahan bakar alternatif dari pengolahan sampah kepada industri semen sebagai offtaker hingga lima tahun ke depan dan bisa diperpanjang.

Heru Budi menyampaikan terima kasih kepada industri semen yang bersedia bekerja sama menjadi offtaker RDF dari TPST Bantargebang.

“Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih atas kesediaan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk menjadi offtaker dari output pengolahan sampah menjadi RDF,” ujarnya di lokasi, Selasa (27/6).

Heru menyebutkan bahwa kerja sama ini merupakan solusi permasalahan sampah di TPST Bantargebang yang saat ini hampir mencapai kapasitas maksimalnya.

“Ini menjadi solusi, karena setiap harinya, sebanyak kurang lebih 7.500 ton per hari sampah dari wilayah DKI Jakarta diangkut ke TPST Bantargebang sehingga hampir mencapai kapasitas maksimalnya,” tuturnya.

Heru Budi Hartono melepas pengangkutan pertama truk bermuatan bahan bakar alternatif dari pengolahan sampah TPST Bantargebang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News