Aksesoris Elpiji Non SNI Banjiri Kalbar

Aksesoris Elpiji Non SNI Banjiri Kalbar
Aksesoris Elpiji Non SNI Banjiri Kalbar
PONTIANAK - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pontianak menemukan banyak sekali pedagang yang memperjualbelikan aksesoris elpiji tidak sesuai standar nasional Indonesia (SNI). Aksesoris yang tidak sesuai SNI ini disebut-sebut menjadi pemicu ledakan tabung gas di beberapa daerah di Indonesia.

“Kami sudah uji petik di lapangan. Memang masih ditemukan aksesoris tidak sesuai standar. Saat ini Kementerian Perdagangan masih melakukan penyelidikan. Hasilnya baru dijadikan acuan untuk mengambil tindakan,” kata Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pontianak, Ayu Haro saat dihubungi Pontianak Post (JPNN Grup), Rabu (28/7).

Uji petik dilakukan pada beberapa lokasi di antaranya kawasan Parit Pangeran dan Pasar Flamboyan, bersama tim lainnya. Salah satunya dari Kementerian Perdagangan. Aksesoris tidak sesuai standar ini ditemukan dengan cirri-ciri tidak memiliki label SNI, dalam label tidak ada nama perusahaan yang mengeluarkannya, atau tidak mencantumkan alamat maupun nomor telepon yang jelas.

Menurut Ayu, penyelidikan dilakukan hingga kepada perusahaan yang memproduksinya. Sekarang ini seluruh perusahaan yang mengeluarkan juga harus ber-SNI. Dari hasil uji petik, disinyalir aksesoris berupa selang dan regulator dikeluarkan satu perusahaan dengan berbagai merek.

PONTIANAK - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pontianak menemukan banyak sekali pedagang yang memperjualbelikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News