Aktifitas Para Napi Kasus Korupsi di LP Cipinang

Ada Ketua RT, Ngikuti Debat Capres dan Ngajar Paket C

Aktifitas Para Napi Kasus Korupsi di LP Cipinang
Foto : Agus Srimudin/JPNN
Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur, sejak keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2003 silam, juga dihuni sejumlah tokoh penting yang terjerat kasus korupsi. Sebelumnya, LP yang sudah ada sejak era penjajahan kolonial itu juga menjadi tempat tinggal bagi narapidana politik, selain tentunya para penjahat kriminal. Bagaimana aktifitas para terpidana korupsi di dalam LP Cipinang? Bagaimana pula mereka bergaul dengan para napi kriminal? Apa saja yang membuat para mantan pejabat itu menangis di sepinya ruang berjeruji besi itu?

 
----------------------------------------------------------
Soetomo Samsu-Agus Srimudin, Jakarta

----------------------------------------------------------

 

Penjara, apalagi LP Cipinang, selama ini senantiasa dikesannya sebagai sesuatu yang menyeramkan. Namun kesan itu langsung sirna begitu masuk halaman utama kelas I LP Cipinang. Mobil-mobil mewah datang dan pergi. Orang-orang berwajah 'bersih' dan perlente keluar masuk pintu LP. Pada jam besuk siang, seperti pada Sabtu (27/6) lalu, banyak pembesuk menenteng tas-tas berlabel makanan cepat saji terkenal. Rata-rata, mereka datang dalam rombongan. Mereka adalah sanak famili, kerabat dekat, dan teman-teman para mantan tokoh penting yang kini menghuni LP Cipinang.

Setelah melewati pemeriksaan di dua pintu berbeda, termasuk harus meninggalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan handphone ke petugas jaga, para pembesuk dipersilakan masuk ke ruang Serbaguna. Di ruangan ukuran sekitar 25x20 meter itu, terdapat puluhan meja kursi yang tertata rapi. Jangan dikira ruangan itu pengab, lantaran ada pendingin udara di ruangan itu. Di sanalah, para mantan pejabat penting itu bisa makan siang ditemani orang-orang dekatnya.

Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur, sejak keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2003 silam, juga dihuni sejumlah tokoh penting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News