Ali Ghufron Mukti Raih Health Warrior Awards 2019

Ali Ghufron Mukti Raih Health Warrior Awards 2019
Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Prof Ali Ghufron Mukti. Foto: Esy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Ali Ghufron Mukti dinobatkan menjadi salah satu pejuang kesehatan dalam acara Health Warrior Awards 2019.

Ajang penghargaan yang digelar di Fakultas Kedokteran Trisakti ini merupakan bentuk apresiasi bagi sejumlah tokoh yang telah memberikan kobtribusi nyata terhadap dunia kesehatan Tanah Air.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dipercaya untuk mendapatkan penghargaan sebagai pejuang kesehatan atau health warrior. Terima kasih atas apresiasi ini," sebut Dirjen Ghufron, Sabtu (29/6).

Dirjen Ghufron memberikan perhatian khusus pada ketersediaan sumber daya manusia (SDM) di sektor kesehatan. Hal ini diwujudkan melalui terbentuknya Komite Bersama antara Kemenristekdikti dan Kemenkes.

Adapun salah satu program yang dihasilkan yakni Academic Health System (AHS) yang menyinergikan antara unsur edukasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

BACA JUGA: Pulang dari Negeri Sakura, Jokowi Besuk Bu Risma

"Ruang lingkup AHS mencakup pengembangan kurikulum di perguruan tinggi, rumah sakit pendidikan sebagai lokasi pendidikan profesi memastikan kesiapan tenaga kesehatan, serta sistem yang kontinyu dan berkelanjutan untuk menghasilkan pelayanan kesehatan yang optimal," tutur Dirjen Ghufron.

Ghufron memiliki andil besar dalam pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS). Kala itu, guru besar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) itu berperan sebagai ketua pokja persiapan BPJS yang kini menjadi andalan masyarakat untuk memperoleh layanan dan fasilitas kesehatan yang terjangkau. Hal ini tak terlepas dari keahliannya di bidang jaminan kesehatan.

Ali Ghufron Mukti dinobatkan menjadi salah satu pejuang kesehatan dalam acara Health Warrior Awards 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News