AM Mengaku Pegawai Dinsos, Cari Duit Gampang Banget, Modusnya Begini, Waspadalah

AM Mengaku Pegawai Dinsos, Cari Duit Gampang Banget, Modusnya Begini, Waspadalah
Polisi menunjukkan sejumlah barang bukti kasus penipuan pada konferensi pers di Polres Magelang, Sabtu (15/1/2022). Foto: ANTARA/Heru Suyitno

jpnn.com, MAGELANG - Seorang pria berinisial AM, 50, warga Desa Bumirejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditangkap karena melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai pegawai dinsos.

“Pelaku memperdaya korbannya dengan modus menawarkan suatu pekerjaan,” ujar Wakapolres Magelang Kompol Aron Sebastian di Magelang, Sabtu (15/1/2022).

Wakapolres mengatakan tersangka AM yang juga seorang residivis ini menawarkan pekerjaan kepada korban SWI, 18, warga Srumbung. Kemudian meminta barang-barang milik korban dengan alasan sebagai jaminan pekerjaan.

Ia menyebutkan kejadian tersebut berawal pada Minggu (2/1) sekitar pukul 15.30 WIB, tersangka lewat di depan rumah korban dan bertemu dengan ayah korban.

Tersangka mengaku pegawai Dinas Sosial Kabupaten Magelang dan menanyakan apakah ayah korban memiliki anak yang belum bekerja.

"Kemudian tersangka menawarkan pekerjaan kepada korban sebagai tenaga packing masker di rumah dengan gaji Rp 350 ribu per minggu," katanya.

Karena korban berminat, kata Aron, tersangka kemudian menyuruh ayah korban untuk mengambil brosur di Kantor Pos Tempel. Saat ayah korban pergi tersebut, tersangka meminta telepon seluler milik korban dengan alasan sebagai syarat jaminan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Tersangka juga meminta kalung emas milik korban dengan alasan sebagai jaminan kalau korban belum pernah bekerja di luar negeri. Tersangka juga meminta handy talky (HT) milik korban.

Seorang pria berinisial AM, 50, warga Desa Bumirejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditangkap karena melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai pegawai dinsos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News