Amerika Tutup Lima Kantor Perwakilan di Indonesia

Warga AS Diimbau Menghindari Aksi Demonstrasi

Amerika Tutup Lima Kantor Perwakilan di Indonesia
Sejumlah ormas Islam menggelar aksi di Dean Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, Jum'at (21/9). Mereka kembali mengecam tindakan pembuat film Innocence Of Muslims serta pembuat karikatur yang dianggap melecehkan agama. Foto : Arundono/JPNN
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mengikuti jejak Prancis menutup kantor perwakilannya di Indonesia. Dalam keterangan resmi yang dilansir Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Jakarta kemarin (20/19), mereka menutup sementara lima kantor perwakilan di Indonesia.

Kelima kantor perwakilan AS di Indonesia yang ditutup adalah Kedubes AS di Jakarta, Konsulat Jenderal (Konjen) AS di Surabaya, kantor Perwakilan AS di Medan, kantor Agen Konsuler AS di Bali, dan misi AS untuk ASEAN. Kelima kantor perwakilan AS itu ditutup mulai hari ini hingga sampai waktu yang ditetapkan selanjutnya.

Dalam keterangan tertulis tersebut dijelaskan bahwa kebijakan penutupan sementara kantor perwakilan AS di Indonesia dipicu kekhawatiran keamanan setempat. Pihak AS mencium ada potensi demonstrasi signifikan yang mungkin akan dilaksanakan di depan lima kantor perwakilan AS itu. Pihak perwakilan AS meminta maaf atas ketidaknyamanan dari kebijakan penutupan sementara ini.

Selain menutup lima unit kantor perwakilan, pemerintah AS juga menghimbau warganya yang ada di Indonesia untuk menghindari kerumuman aksi demonstrasi yang berpotensi berujung aksi kekerasan. Seperti diketahui, pasca keluarnya film berjudul Innocence of Muslims muncul aksi protes kepada pemerintah AS. Termasuk aksi protes di Jakarta yang berakhir bentrok.

JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mengikuti jejak Prancis menutup kantor perwakilannya di Indonesia. Dalam keterangan resmi yang dilansir Kedutaan Besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News