JPNN.com

AMMDes Ambulance Feeder dan Penjernih Air Bermanfaat untuk Warga Pedesaan

Selasa, 10 September 2019 – 21:39 WIB AMMDes Ambulance Feeder dan Penjernih Air Bermanfaat untuk Warga Pedesaan - JPNN.com
Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek saat melihat AMMDes Amblunce. Foto:

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek telah mengapresiasi pemngembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) karena bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, Puskesmas, dan kelompok masyarakat.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, Menteri Nila melihat langsung sejumlah AMMDes yang berfungsi membantu masyarakat.

"Ibu Menteri sangat merespons positif terhadap beragam fungsi dari AMMDes,” kata Putu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/9).

Putu menyebutkan, Kemenperin memfasilitasi mini expo untuk memajang sebagian alat multiguna yang diharapkan mampu memacu produktivitas dan kesejahteraan di pedesaan tersebut.

Karya anak bangsa yang sudah mengoptimalkan komponen lokal hingga 70 persen itu selaras dengan program pemerintah membangun Indonesia.

“Kami men-display AMMDes ambulance feeder, AMMDes penjernih air dan air minum serta AMMDes bertenaga listrik. Selain itu kami menampilkan unit pengolah air dan air minum untuk beberapa rumah sakit seperti RS Hasan Sadikin Bandung, Puskesmas dan untuk komunitas masyarakat dengan kapasitas 240 keluarga,” paparnya.

Sebelumnya, AMMDes ambulance feeder menjadi pilot project di Kabupaten Lebak, Banten. Langkah strategis ini diyakni guna meningkatkan pelayanan transportasi rujukan kesehatan untuk membantu masyarakat dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Program pilot project itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Lebak untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program Jemput Antar Ibu Hamil dan Bersalin Bermasalah (Jamilah) yang diperkenalkan sejak 2017,” pungkas Putu. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...