Anak Krakatau Muntahkan 10 Gas Beracun

Anak Krakatau Muntahkan 10 Gas Beracun
Anak Krakatau Muntahkan 10 Gas Beracun
SERANG---Tingkat kegempaan dan letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) kian menunjukan tingkat bahaya yang tinggi. Selain letusan, Gunung Anak Karakatau  yang berada di perairan Selat Sunda juga mengalami erupsi berupa muntahan lahar dan letusan dibarengi 10 macam gas mematikan.

Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK) di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten Anton Tripambudi menegaskan, aktivitas gunung anak  krakatau emakin meningkat. Erupsi dari GAK mengeluarkan 10 macam gas beracun salah satunya karbondioksida akan sangat mematikan jika terhirup manusia.

"Bagi siapapun yang menghirup gas ini, secara tiba akan mengalami sesak napas, pingsan, bahkan hingga menyebabkan kematian," ujar Anton kepada INDOPOS (grup JPNN), Rabu (3/11) seraya merinci gas beracun Gunung Anak Krakatau tidak berbau, dan keberadaannya sulit ditebak. "Yang jelas, jika kita berada dekat lokasi gunung  mustahil bisa selamat," tandas Anton.

Anton menuturkan, penyebaran gas beracun dari aktivitas GAK tergantung arah mata angin, dan pergerakanya selalu mencari tempat yang lebih rendah. Untuk itu selama terjadi letusan dalam radius dua kilometer dari Gunung Anak Krakatau tidak diizinkan untuk mendekat. "Rekomendasi kami tetap dalam radius dua kilo  meter masyarakat jangan mendekat," tegas Anton.

SERANG---Tingkat kegempaan dan letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) kian menunjukan tingkat bahaya yang tinggi. Selain letusan, Gunung Anak Karakatau 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News