JPNN.com

Andi Arbain, si Pengusaha Percetakan Uang Nomor Seri Sama Semua

Sabtu, 09 Februari 2019 – 06:34 WIB Andi Arbain, si Pengusaha Percetakan Uang Nomor Seri Sama Semua - JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Polisi menggerebek usaha percetakan milik Andi Arbain, 47, yang memproduksi uang palsu, di Jalan Mulawarman RT 07, Manggar Baru, Balikpapan Timur, Jumat (1/2) lalu.

Dengan nada lemah dia mengakui sudah berbuat kejahatan. Menerima pesanan untuk mencetak uang palsu dari temannya, Suganda I Purwanto (27). "Saya hanya dapat pesanan," kata Andi di Mapolres Balikpapan, Kamis (7/2).

Andi berkilah, usahanya mencetak uang palsu merupakan yang pertama kali dilakukannya. Dari coba-coba, dia mencari cara di dunia maya. Mengunduh gambar uang nominal Rp 100 ribu.

Lalu dengan kemampuan editing-nya, dia bisa mencetak dengan mesin cetak yang biasa digunakan membuat undangan pernikahan. "Itu banyak (uang palsu) yang gagal," kata Andi.

Andi hanya bermodal kertas HVS dan tinta berkualitas untuk menghasilkan lembaran uang. Sekilas, agak sulit membedakan secara visual uang palsu yang dicetak Andi. Yang membedakan jika disusun bersamaan, nomor seri pada uang sama semua.

BACA JUGA: Mustofa Klaim Bisa Ubah Dolar Palsu dengan Doa

Sementara jika diraba akan terasa perbedaannya. Uang palsu miliknya lebih halus karena tinta. Dan mudah disobek. Untuk membuatnya tampak seperti uang asli, Andi menyetrika lembaran uang yang sudah dicetak. "Belajar di YouTube," sebutnya.

Meski berdalih baru pertama mencoba, namun keterangan berbeda datang dari tersangka Suganda. Yang mengaku menerima informasi dari temannya soal Andi yang bisa mencetak uang palsu. "Dapat info dari teman. Katanya dia (Andi) bisa buat (uang palsu)," kata Suganda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...