Andre Garu Temui Wapres Terkait Wacana Penutupan Taman Nasional Komodo

Andre Garu Temui Wapres Terkait Wacana Penutupan Taman Nasional Komodo
Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi NTT Adrianus Garu menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (18/2). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi NTT Adrianus Garu menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (18/2) lalu. Andre sapaan Adrianus bertemu Wapres Jusuf Kalla untuk meminta solusi terhadap kegiatan perekonomian masyarakat setempat jika Pulau Komodo jadi ditutup oleh pemerintah daerah setempat.

Menurut Andre, sebagian besar masyarakat sekitar Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat menggantungkan hidup dari kegiatan pariwisata di Pulau Komodo, sehingga jika Taman Nasional tersebut ditutup maka perekonomian setempat dapat terganggu.

“Penutupan itu harus bertahap, untuk pengembangan dan perbaikan sarana, kami dukung yang begitu. Tetapi harus ada solusi juga, sudah ada ‘homestay’-nya, yang jelas masyarakat di sana utang ke bank, utang ke koperasi, bagaimana ini solusi dari pemerintah,” kata Andre dalam keterangan persnya, Rabu (20/2).

BACA JUGA: Soal Wacana Penutupan TN Komodo, Anggota DPD: Jangan Bikin Warga Susah

Andre menjelaskan sebagian besar investasi di Labuan Bajo memang didominasi pihak swasta, sehingga dengan rencana penutupan Taman Nasional Pulau Komodo akan berpengaruh pada perekonomian setempat karena tidak ada kunjungan wisatawan ke sana.

Oleh karena itu, Andre Garu menemui Wapres JK yang ditunjuk sebagai Duta Besar Pulau Komodo, dengan harapan dapat dicapai solusi agar konservasi Pulau Komodo dapat berjalan seiring dengan upaya peningkatan jumlah wisatawan.

“Karena beliau (Wapres JK) adalah Bapak Duta Komodo, sehingga kalau beliau mengeluarkan ‘statement’ tentang situasi masyarakat yang lagi resah dengan penutupan komodo, tentu ‘image’ baik masyarakat lokal maupun agen pariwisata akan pulih,” tambahnya.

Kondisi habitat komodo di Taman Nasional tersebut sudah semakin berkurang, ditambah dengan kondisi fisik komodo yang semakin kecil akibat berkurangnya rusa sebagai makanan komodo.

Anggota DPD dari NTT Andre Garus bertemu Wapres Jusuf Kalla untuk meminta solusi terhadap kegiatan perekonomian masyarakat setempat jika Pulau Komodo jadi ditutup oleh pemerintah daerah setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News