Anggap Penanggulangan Terorisme Belum ke Akarnya

Anggap Penanggulangan Terorisme Belum ke Akarnya
Anggap Penanggulangan Terorisme Belum ke Akarnya

jpnn.com - JAKARTA - Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam KH Hasyim Muzadi mengatakan, penanggulangan terorisme saat ini masih terkesan mirip memadamkan kebakaran yang hanya mematikan api di permukaan saja. Sementara, sumber yang menjadi masalah terorisme belum dapat diatasi.

"Akar masalah terorisme sangat kompleks. Mulai dari masalah kemiskinan, keyakinan, pemahaman, hingga pengaruh-pengaruh eksternal. Penanggulangan terorisme saat ini belum menyentuh akarnya," kata KH Hasyim Muzadi, di Jakarta, Rabu (3/12).

Misalnya kata Hasyim, kelompok militan jihad seperti ISIS yang bergerak tidak mengenal batas-batas kedaulatan negara. "Di Indonesia saat ini juga berkembang ideologi keagamaan radikal yang mengancam eksistensi NKRI. Pemerintah terkesan lemah dan membiarkan bibit terorisme yang bersifat hulu," ungkapnya.

Misalnya, ada organisasi yang ideologinya bertentangan dengan Pancasila dan NKRI, tetapi dibiarkan berdiri. Karena dianggap bukan ancaman aktual, masih berupa ancaman potensial, organisasi semacam itu dilindungi oleh pemerintah untuk kepentingan politik sesaat.

Guna membahas akar terorisme tersebut, pihaknya akan menggelar urung-rembug membahas akar terorisme dari hulu hingga hilir. "Kegiatan digelar di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok pada tanggal 6 hingga 8 Desember 2014," imbuhnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam KH Hasyim Muzadi mengatakan, penanggulangan terorisme saat ini masih terkesan mirip memadamkan kebakaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News