Anggota DPD Jangan Mau jadi Menteri

Anggota DPD Jangan Mau jadi Menteri
Anggota DPD Jangan Mau jadi Menteri
JAKARTA - Ketua PAH II DPD Sarwono Kusumaatmadja menyarankan para Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebaiknya konsisten untuk memperjuangkan aspirasi konstituennya di DPD dan menolak tawaran jika kelak presiden terpilih mengajak untuk duduk di kabinet.

"Tidak bagus jadinya, jika ada d iantara anggota senator pindah ke tempat presiden dan jadi anak buah presiden," saran Sarwono Kusumaatmadja, di DPD, Senayan Jakarta, Rabu (2/9).

Legitimasi politik seorang Anggota DPD, lanjut Sarwono Kusumaatmadja, merupakan keputusan dan kepercayaan langsung yang diberikan oleh rakyat melalui sebuah pemilihan umum. Sementara dasar hukum seseorang untuk jadi pembantu presiden hanya melalui keputusan presiden.

Proses ini berbeda dengan apa yang terjadi di DPR, karena anggota DPR itu sebelumnya ditentukan secara mutlak partai. Jika elit partai tidak berkenan maka kadernya tidak bakal dipilih oleh rakyat untuk jadi Anggota DPR, imbuh Sarwono Kusumaatmadja.

JAKARTA - Ketua PAH II DPD Sarwono Kusumaatmadja menyarankan para Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sebaiknya konsisten untuk memperjuangkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News