Angkat Isu Transisi Energi Berkeadilan, Mahfud Mendapat Apresiasi

Angkat Isu Transisi Energi Berkeadilan, Mahfud Mendapat Apresiasi
Cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud Md saat tampil pada Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi menilai topik utama yang bakal dibawakan cawapres Mahfud MD soal transisi energi berkeadilan sangat tepat untuk diterapkan di Indonesia.

“Saya kira sangat tepat konsep yang diungkapkan oleh Pak Mahfud dalam hal energi berkeadilan,” tegas Fahmy di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Sebelumnya, cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud MD disebut akan membawakan topik transisi energi yang berkeadilan.

Topik itu merupakan bagian dari pembangunan ekonomi yang termasuk ke dalam program dari Ganjar-Mahfud.

Fahmy menerangkan saat ini pengelolaan energi di Indonesia masih jauh dari keadilan.

"Selama ini, pengelolaan energi itu hampir tidak berkeadilan. Berkeadilan tadi dalam hal penyediaan energi. Itu harus mencapai ketersediaan atau availability dan harga terjangkau," ujar Fahmy.

Menurut Fahmy, ketersediaan energi idealnya berasal dari sumber daya dalam negeri.

Kendati demikian, impor energi tidak menjadi soal asalkan masih terjangkau oleh masyarakat, seperti dalam penyediaan bahan bakar minyak (BBM).

Pakar ekonomi energi dari UGM Fahmy Radhi menilai topik utama yang bakal dibawakan cawapres Mahfud MD soal transisi energi berkeadilan sangat tepat diterapkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News