JPNN.com

Anies Copot Bayu Meghantara dan Andono, 5 Pejabat Lain Siap-siap

Sabtu, 28 November 2020 – 21:04 WIB
Anies Copot Bayu Meghantara dan Andono, 5 Pejabat Lain Siap-siap - JPNN.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Imam Besar FPI Rizieq Shihab dan Ustaz Tengku Zulkarnain pada pertemuan di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, pada 10 November 2020) malam. Foto: Instagram/tengkuzulkarnain.id

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih.

Keputusan pencopotan itu ditetapkan berdasarkan hasil audit Inspektorat DKI pada 24 November 2020, dan kedua pejabat itu diberikan surat bebas tugas sehari setelahnya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sri Haryati menjelaskan bahwa pencopotan Bayu Meghantara dan Andono Warih merupakan buntut dari kerumunan massa pada acara Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat pada 14 November 2020 lalu.

Bayu dan Andono dinilai telah abai dan lalai dalam menjalankan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait antisipasi kegiatan yang berpotensi timbulkan kerumunan.

"Keduanya dibebastugaskan berdasar dari hasil audit Inspektorat Provinsi DKI Jakarta. Audit tersebut menilai keduanya telah lalai dan abai dengan tidak mematuhi arahan dan instruksi dari Gubernur," kata Sri dalam keterangannya, Sabtu (28/11).

Dia juga memastikan pencopotan jabatan Bayu dan Andono tidak dilakukan secara sembarangan, tetapi sudah melalui tahapan sebagaimana diatur dalam PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

"Kami memutuskan tidak sembarangan. Ini juga setelah melalui hasil audit dari Inspektorat dan sudah kami laporkan ke Pak Gubernur. Sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017, maka keduanya dibebastugaskan," jelas Sri Haryati.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pihak Inspektorat DKI, Bayu dan Andono mengakui bahwa jajarannya meminjamkan fasilitas milik Pemprov DKI saat acara Habib Rizieq tersebut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fathra