Antara Pemerintah, OPM, HTI dan PKI

Antara Pemerintah, OPM, HTI dan PKI
Pengibaran bendera bintang kejora. Foto dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengingatkan pemerintah harus bersikap adil terkait wacana pembubaran organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia. Dia mengatakan, ada banyak ormas di Indonesia yang bahkan berbahaya seperti Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Apa sikap pemerintah? Itu jauh lebih penting," tegasnya di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (8/5).

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya itu mengatakan, justru sebenarnya hal seperti inilah yang harus disikapi pemerintah.

Menurut dia, OPM itu tidak hanya berkhianat kepada bangsa negara. Namun Riza menegaskan, OPM itu ingin keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mendirikan negara sendiri.

"Itu jauh lebih berbahaya," ujarnya.

Dia juga mengingatkan, jangan sampai keinginan melakukan pembubaran HTI nanti dipahami masyarakat sebagai Islamphobia. Apalagi kalau disebutkan salah satu alasannya karena ada bentrokan.

Menurut Riza, bentrokan yang dijadikan pertimbangan harus dilihat antarsiapa. Kalau sesama anak bangsa, maka tugas pemerintah membina dan membimbing.

"Apalagi kalau (bentrokan) sesama ormas Islam, jangan sampai terjadi perpecahan di lingkungan umat Islam sendiri," katanya.

Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengingatkan pemerintah harus bersikap adil terkait wacana pembubaran organisasi kemasyarakatan Hizbut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News