Sabtu, 18 Agustus 2018 – 13:47 WIB

Antibiotik dalam Daging Bikin Tubuh Gemuk?

Kamis, 02 Agustus 2018 – 16:39 WIB
Antibiotik dalam Daging Bikin Tubuh Gemuk? - JPNN.COM

Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Petani biasanya memberi antibiotik kepada hewan bukan hanya untuk menangkal penyakit, tetapi juga mendorong pertumbuhan.

Obat-obatan itu merangsang nafsu makan dan bisa menambah berat badan hewan dengan cepat, sehingga mengurangi jumlah hari yang dibutuhkan untuk mencapai kematangan.

Praktek ini dimulai pada 1950-an, ketika peternak menemukan bahwa sapi yang dirawat karena infeksi bertambah berat dan itu menjadi praktik umum pada 1970-an untuk menambahkan antibiotik pada pakan ternak.

Meskipun ini muncul dengan banyak masalah etika, ada dua masalah kesehatan utama yang muncul dari praktik ini.

Salah satunya adalah peningkatan resistensi antibiotik. Perhatian kedua adalah kecurigaan para ilmuwan bahwa jejak antibiotik dalam daging mungkin melakukan hal yang sama pada manusia yang memakannya seperti yang mereka lakukan pada hewan - membuat mereka lebih gemuk.

Hipotesis mengganggu ini menunjukkan bahwa antibiotik dalam makanan membunuh flora usus dan membuang keseimbangan spesies mikroorganisme di usus.

"Banyak jenis bakteri di usus Anda membantu tubuh menyerap kalori dari makanan. Jika Anda memiliki ketidakseimbangan bakteri - terlalu banyak dari jenis yang memecah makanan menjadi energi - Anda mungkin menyerap lebih banyak kalori dari jumlah yang sama dari makanan yang Anda makan daripada yang seharusnya," kata peneliti University of California.

Peneliti baru mulai memahami efek mikroflora pada tubuh manusia.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar