Hanya 10 persen Orang Gemuk yang Sadar Kelebihan Berat Badan

Hanya 10 persen Orang Gemuk yang Sadar Kelebihan Berat Badan
Ilustrasi tubuh gemuk.

jpnn.com - Mayoritas orang gemuk di Inggris tidak akan menggambarkan diri mereka sebagai orang yang sangat kelebihan berat badan. Hal ini menurut penelitian baru.

Studi dari UCL dan Cancer Research UK, yang diterbitkan di BMJ Open, menemukan bahwa kebanyakan orang yang mengalami obesitas mungkin menyangkal tentang hal itu.

Hanya 10 persen dari mereka yang mengalami obesitas secara klinis mengakui memiliki masalah berat badan.

Para peneliti menganalisis hasil survei dari 2007 hingga 2012, dan menemukan bahwa dari 2 ribu orang dewasa, 11 persen wanita gemuk menerima bahwa mereka sebenarnya 'kegemukan', sementara hanya 7 persen pria yang mengakuinya.

Hanya 10 persen dari peserta tahu ambang BMI untuk obesitas (BMI lebih dari 30).

"Hl ini benar-benar mengkhawatirkan bahwa orang-orang tidak menyadari bahwa berat badan mereka menempatkan mereka dalam kategori obesitas, karena itu berarti mereka tidak sadar bahwa mereka mengalami peningkatan risiko sejumlah masalah kesehatan termasuk kanker," kata direktur Pusat Perilaku Kesehatan UCL dan rekan penulis studi, Profesor Jane Wardle, seperti dilansir laman MSN, Minggu (24/6).

Wardle menambahkan bahwa memanggil seseorang 'obesitas' sering dianggap menghina dan menyebabkan banyak orang menolaknya.

"Tetapi kami juga bertanya kepada orang-orang apakah mereka merasa 'sangat kelebihan berat badan' dan mayoritas dari mereka yang mengalami obesitas tidak menerima istilah ini," jelas Wardle.

Memanggil seseorang 'obesitas' sering dianggap menghina dan menyebabkan banyak orang menolaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News