Badan Kurus Masih Perlu Diet?

Badan Kurus Masih Perlu Diet?
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Selama ini, diet identik dilakukan oleh Anda yang punya berat badan berlebih sebagai upaya untuk mendapatkan tubuh kurus atau berat badan ideal.

Kenyataannya, tak sedikit orang berbadan kurus yang ingin menaikkan berat badan, tapi tak juga membuahkan hasil walau sudah makan banyak.

Diet pada dasarnya adalah jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang. Faktanya, diet tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, tetapi juga bagi mereka yang ingin menjaga berat badan ideal serta menerapkan pola makan yang lebih sehat.

Sesungguhnya, memiliki badan kurus belum tentu lebih sehat. Nyatanya, badan kurus juga bisa jadi memiliki lemak dalam tubuh yang tidak terlihat, seperti pada berbagai organ tubuh.

Hal ini justru lebih berbahaya dibandingkan dengan lemak yang terlihat, karena bisa memicu berbagai penyakit termasuk tingginya kadar kolesterol. Karena itu, diet tetap diperlukan meskipun Anda berbadan kurus supaya tubuh tetap sehat dan ideal.

Antara berat badan tak kunjung turun vs tak kunjung naik

Saat berkumpul bersama dengan teman-teman, pasti Anda pernah mendengar teman yang berbadan kurus mengeluh bahwa ia makan banyak sekali tapi berat badan tak juga bertambah. Atau mungkin juga ada seorang teman yang sudah melakukan diet sedemikian rupa tapi tak kunjung terlihat hasilnya, bahkan cheating day saat diet bisa memengaruhi berat badannya dengan cepat.

Di balik kondisi ini, ternyata ada peran genetik. Setiap orang memiliki genetik yang berbeda-beda, yang menjadikan setiap individu khas dan unik. Faktor genetik inilah yang memengaruhi kemampuan metabolisme tubuh seseorang terhadap makanan yang konsumsi.

Kenyataannya, tak sedikit orang berbadan kurus yang ingin menaikkan berat badan, tapi tak juga membuahkan hasil walau sudah makan banyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News