Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Lupa Konsumsi ini

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Lupa Konsumsi ini
Manfaat serat bisa membantu menurunkan berat badan. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Saat Lebaran tiba, Anda akan disuguhi berbagai macam makanan yang berlemak serta minuman yang mengandung kadar gula tinggi.

Biasanya, karena bertebaran hidangan lezat, kebutuhan serat pun kerap diabaikan.

Tak heran jika berat badan Anda bisa melonjak naik secara drastis. Konsumsi asupan seperti ini akan berlangsung selama beberapa hari. Sampai akhirnya animo hari raya menurun dan Anda kembali mengonsumsi makanan seperti biasa.

Kondisi tersebut kelak akan membuat Anda terbiasa dan ketagihan makan makanan mengandung lemak tinggi. Sebisa mungkin, Anda harus mengembalikan pola asupan makanan menjadi lebih sehat.

Anda bisa mengembalikan berat badan pada tingkat semula dengan konsumsi makanan mengandung serat. Berdasarkan anjuran dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, hal ini penting mengingat kandungan serat baik untuk mengatasi kondisi tersebut.

“Faktanya, serat merupakan salah satu zat gizi yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Karena serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh, sehingga lambung akan terasa penuh dalam waktu lama,” ujar dr. There.

Manfaat serat untuk tubuh.

Menurut dr. There, serat bisa merangsang pergerakan usus dan memicu bakteri baik untuk bekerja lebih efektif, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Serat bisa Anda temukan pada apel, roti gandum, edamame, pir, brokoli, kacang almon, jagung, alpukat, nasi merah, jagung, dan beberapa makanan lain.

Tak heran jika berat badan Anda bisa melonjak naik secara drastis. Konsumsi asupan seperti ini akan berlangsung selama beberapa hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News