APEC Gagal Sepakati Pakta Climate Change

APEC Gagal Sepakati Pakta Climate Change
Foto : AFP
SINGAPURA - Kesepakatan APEC dalam merumuskan deklarasi di bidang ekonomi tidak sampai berlanjut ke isu lain. Para pemimpin 21 negara Asia Pasifik justru tidak mampu mencapai kata sepakat soal upaya memerangi perubahan iklim. Mereka beralasan masalah itu akan dibicarakan secara lebih intensif dalam pertemuan di bawah PBB di Kopenhagen, Denmark, bulan depan.

 

Kendati begitu, para pemimpin APEC mendukung proposal dari Perdana Menteri (PM) Denmark Lars Loekke Rasmussen yang ditujukan "memaksakan" pernyataan sikap politik atas pertemuan Desember. Hanya, itu lebih dimaksudkan menyelamatkan muka Denmark.

 

Negosiasi menyangkut pengganti Protokol Kyoto tentang perubahan iklim, yang masa berlakunya habis pada 2012, macet. Sebab, ada perbedaan antara negara-negara kaya dan negara-negara berkembang, termasuk Tiongkok.

 

Negara-negara industri maju menekan raksasa-raksasa ekonomi baru, seperti Tiongkok, India, dan Brazil, yang saat ini menjadi penyumbang emisi gas karbon besar, untuk memperkuat janji mengatasi efek rumah kaca. Tetapi, negara-negara berkembang itu khawatir pemangkasan emisi karbon secara drastis bakal mengganggu dan mengancam kemajuan ekonomi mereka.

 

SINGAPURA - Kesepakatan APEC dalam merumuskan deklarasi di bidang ekonomi tidak sampai berlanjut ke isu lain. Para pemimpin 21 negara Asia Pasifik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News