Aptindo Siap Bersaing dengan Terigu Impor

Aptindo Siap Bersaing dengan Terigu Impor
Aptindo Siap Bersaing dengan Terigu Impor
JAKARTA - Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) menyatakan kesiapan menghadapi serbuan terigu impor. Sebelum ini diketahui, terigu impor memasuki pasar domestik dengan harga jual lebih murah dibandingkan dengan terigu produksi dalam negeri. Kemudian keluar rekomendasi Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) Kementerian Perdagangan pada Menteri Keuangan agar mengenakan bea masuk anti dumping terhadap terigu impor khususnya dari Turki.

Direktur Eksekutif Aptindo Ratna Sari Loppies mengatakan kebijakan praktik perdagangan yang sehat perlu diterapkan. Kendati demikian, pihaknya mengaku tidak pernah mengajukan permintaan pada pemerintah agar dikeluarkan kebijakan anti terigu impor. "Aptindo siap berkompetisi dengan terigu impor asal dilakukan dengan adil. karena harga jual terigu di pasaran domestik Indonesia termurah di Asia, bahkan dunia," katanya kemarin (9/6).

Terkait rekomendasi atas bea masuk anti dumping terhadap terigu asal Turki, lanjut dia, sudah memenuhi ketentuan ketika pelaku usaha luar negeri dinilai curang. Dasar kebijakan tersebut pun mengacu pada ketentuan WTO. "Sebagai contoh, pengenaan BMADS (Bea Masuk Antidumping Sementara) terhadap 58 produk asal Indonesia oleh Otoritas Turki masih dalam investigasi yang dilanjutkan BMAD. Belum lagi ditambah dengan safeguard," tandas Ratna.

Sedangkan masuknya terigu impor asal Turki dinilai merugikan, khususnya bagi industri baru skala kecil dan menengah. Harga jual terigu Turki setara dengan harga bahan baku atau lebih murah sekitar 20 persen dari harga rata-rata di pasaran. "dampak negatif tersebut banyak dirasakan industri terigu skala kecil. Nah kalau yang skala kecil sampai tutup, penjualan kembali dimonopoli perusahaan besar seperti Bogasari. Karena hanya perusahaan besar yang bisa melawan terigu impor," ungkap dia.

JAKARTA - Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) menyatakan kesiapan menghadapi serbuan terigu impor. Sebelum ini diketahui, terigu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News