Ara Minta Trisakti BK Dijalankan Mahasiswa Trisakti

Ara Minta Trisakti BK Dijalankan Mahasiswa Trisakti
Ketua Umum Taruna Merah Putih Maruarar Sirait bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia serta Komisaris PT Telkom Rizal Malarangeng saat dalam seminar kepemimpinan nasional bertema 'Pancasila dalam Era Globalisasi Demi Menciptakan Pemimpin dalam Indonesia Emas 2045' yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Trisakti, Jakarta, Jumat (15/7) sore. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait mengingatkan para mahasiswa akan pentingnya ajaran Trisakti yang digagas Bung Karno (BK).

Bang Ara, panggilan akrab Maruarar Sirait, menyampaikan itu saat tampil sebagai narasumber dalam seminar di Kampus Reformasi Universitas Trisakti Jakarta.

Menurut Bang Ara, Universitas Trisakti merupakan kampus perjuangan yang menjadi tonggak orde Reformasi 98.

Oleh karena itu, Bang Ara berharap para mahasiswa yang menyandang nama besar Trisakti, harus menjalankan ajaran Bung Karno itu.

Bang Ara menjelaskan, Founding Father RI Bung Karno mengatakan Indonesia harus mampu berdikari dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berdikari dalam budaya, yang kemudian terkenal dengan nama Trisakti Bung Karno (BK). 

Bang Ara mengatakan berdikari dalam politik berarti  Indonesia berdaulat dalam bidang  politik, tidak bisa dipengaruhi bangsa lain. 

Di kancah politik internasional, Indonesia berdiri netral dan sejak dahulu telah tergabung dalam negara-negara non blok.  

Indonesia sebagai penggagas Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955 yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Negara-Negara Non Blok memberi keseimbangan antara Blok Barat versus Blok Timur. 

Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait alias Bang Ara mengingatkan pentingnya Trisakti Bung Karno dijalankan para mahasiswa Universitas Trisakti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News