Astaga! 10.626 Ibu Rumah Tangga Terinfeksi HIV

Astaga! 10.626 Ibu Rumah Tangga Terinfeksi HIV
HIV/AIDS. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA --Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek SpM (K) datang secara khusus dalam kegiatan Hari AIDS Sedunia (HAS) di Jawa Timur.

Dia berpesan agar seluruh ibu hamil juga menjalani tes HIV/AIDS. Sebab, berdasar data Kementerian Kesehatan, 10.626 ibu rumah tangga terinfeksi virus yang menyerang kekebalan tubuh tersebut.

Banyaknya perempuan yang terinfeksi HIV menjadi keprihatinan Nila.

"Perempuan ini terkait dengan penularan ke anak-anak," ujarnya. Padahal, jika seorang anak tertular dari ibunya, dia akan memiliki virus tersebut seumur hidup. "Anak-anak harus minum ARV (antiretroviral, Red) seumur hidup," jelas Nila.

Tahun ini Hari AIDS mengangkat tema Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang tanpa Penularan HIV/AIDS.

Sesuai dengan tema tersebut, menurut Nila, Kemenkes berupaya menekan penularan. Caranya dengan menemukan pengidapnya, mengobati, dan mempertahankan kehidupan penderitanya.

Untuk mendukung hal tersebut, Nila memberikan penghargaan kepada Provinsi Jawa Timur.

Penerima penghargaan itu diwakili Gubernur Jatim Soekarwo dan Kepala RSAL dr Ramelan Laksma TNI dr IDG Nalendra SpBTKV (K).

SURABAYA --Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek SpM (K) datang secara khusus dalam kegiatan Hari AIDS Sedunia (HAS) di Jawa Timur. Dia berpesan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News