Atasi Masalah Listrik, PLN-Pemprov Kaltim Bentuk Tim

Dari Swasta Hanya Jawa Pos Group yang Serius

Atasi Masalah Listrik, PLN-Pemprov Kaltim Bentuk Tim
Atasi Masalah Listrik, PLN-Pemprov Kaltim Bentuk Tim
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Pemprov Kaltim sepakat membentuk tim khusus melalui surat keputusan bersama, untuk mengatasi persoalan listrik di Kalimantan Timur. Keputusan itu diambil Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar, ketika menerima kunjungan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Kantor Pusat PLN di Jakarta, Rabu (11/11) siang tadi.

Fahmi menyebutkan, persoalan krisis listrik di tanah air, termasuk di Kaltim, umumnya disebabkan persoalan regulasi dan pendanaan. Karena itu, untuk mengatasi krisis listrik kadang perlu waktu bertahun-tahun. Dibuatnya surat keputusan bersama itu, untuk mempercepat proses penanganan dan koordinasi intensif antar-instansi. "Ini sekaligus sebagai upaya melakukan penataan birokrasi dan regulasi, sehingga semua hambatan dan kendala bisa dibicarakan intensif," sambungnya.

PLN mengaku juga ingin segera mengatasi persoalan krisis listrik di beberapa daerah. "Tapi kadang banyak hal menghambat, dari segi prosedur, hingga perlunya keterlibatan instansi terkait," sebutnya.

Fahmi mencontohkan instansi dimaksud misalnya Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara dan Departemen Keuangan. "Kalau kami, maunya cepat," tegas Fahmi. Dikatakannya pula, saat ini Kaltim dan Riau masuk dalam program percepatan penambahan pembangkit sesuai keinginan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Pemprov Kaltim sepakat membentuk tim khusus melalui surat keputusan bersama, untuk mengatasi persoalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News